AKBP Ronald FC Sipayung dan Letkol Inf. Hadryanus Kembali Turun Cari Korban Tertimbun Longsor Simarsolpah

AN, Simalungun-Memasuki Hari ke-4 Kapolres Berama Dandim Simalungun Bersinergi Dalam Pencarian Dua Korban Tertimbun Tanah Longsor di Simalungun

Sudah 4 Hari Pencarian dua orang korban tanah longsor di Huta I Simarsolpah, Nagori Durian Baggal, Kecamatan Raya Kahean, Kabupaten Simalungun terus berlangsung.

Hari ini pencarian dipimpin langsung oleh Kapolres Simalungun, AKBP Ronald F.C Sipayung dan Dandim 0207/Sml, Letkol Inf Hadrianus Yossy.

AKBP Ronald FC Sipayung, menjelaskan Pencarian korban yang diduga tertibun tanah langsongsor masih dilaksanakan. Hari ini, memasuki hari ke empat.

“kita bersyukur bahwa hari ini cuaca cerah dan mendukung dalam pencarian korban, sebelumnya pada hari pertama, kedua dan ketiga lokasi ini diguyur hujan sehingga rekan-rekan tim gabungan tidak bisa masksimal bekerja, “ucap AKBP Ronald.

Masih kata AKBP Ronald, Tim gabungan yang melaksanakan pencarian saat ini mendapat dukungan personel dari K9 SAR Sat Samapta Polda Sumut.

“Kita juga didugung oleh Unit Satwa Samapta Polda Sumatera Utara yang membantu untuk mencari dan mengendus kira-kira sumber-sumber bau yang mungkin bisa menjadi patokan bagi tim untuk melakukan kegiatan pencarian,” Benernya.

Apabila belum menuai hadil, besok Tim gabungan akan melaksanakan kegiatan dengan melakukan pencarian dan perluasan serta memfokuskan kepada titik yang  sudah didiskusikan bersama Kodim, BPBD, Basarnas, dan Camat (Forkopimca),

“Untuk memfokuskan titik-titik, atau lokasi-lokasi yang akan kita kerjakan dan kita fokuskan untuk kegiatan pencarian, “Ujarnya.

“Tentu harapan kita kegiatan hari kelima bisa lebih maksimal dan optimal sehinga bisa mendapatkan hasil yang baik, kami laporkan sampai hari keempat ini gabungan tim melakukan pencarian bersama-sama, “Harap AKBP Ronald.

Sebagai informasi, pencarian korban telah memasuki hari ke-4 melibatkan berbagai pihak, termasuk Tim K9 SAR Samapta Polda Sumut, BPBD Kabupaten Simalungun, BASARNAS Pemkab Simalungun, BPBD Pem.Prov Sumut, TNI dari Kodim 0207/SML, anggota Polres Simalungun, dan sukarelawan dari masyarakat setempat.

Sampai saat ini (13.00 WIB) korban belum juga ditemukan. Pencarian dilakukan dengan menyisir Tempat Kejadian Perkara (TKP) dan mengangkat material batu dan tanah. Hewan K9 juga dimanfaatkan untuk membantu menyisir lokasi dari sisi terendah. Selain itu, dua unit ekskavator juga turut dikerahkan untuk membantu proses pencarian.

Korban yang hilang dan dinyatakan tertimbun adalah Ejan Sitanggang (38 tahun) dan Jelmin Saragih (56 tahun), keduanya adalah petani setempat.

Tindak lanjut yang akan dilakukan adalah penambahan satu unit alat berat ekskavator dan penambahan personel pencarian. Pencarian juga akan mengerucut dengan menyisir lokasi pipa aliran mata air.

Masyarakat juga dihimbau untuk tidak mendekat ke lokasi pencarian demi kelancaran proses pencarian dan menghindari resiko bahaya.(Red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *