Apel dan Launcing Polisi RW Polres Simalungun Diwarnai Pemberian Penghargaan Pada Warga Berprestasi

 

 

AN, Simalungun- Pada hari Senin, tanggal 21 Agustus 2023, sejak pukul 11.30 WIB, sebuah acara penting berlangsung di Lapangan Apel Mako Polres Simalungun, Jln. Jhon Horailam Saragih, Pamatang Raya, Kecamatan Raya, Kabupaten Simalungun. Acara tersebut adalah Apel dan Launcing Polisi RW Polres Simalungun, yang diwarnai dengan pemberian penghargaan kepada Masyarakat yang berprestasi.

 

Kapolres Simalungun AKBP Ronald F.C Sipayung, S.H., S.I.K., M.H.. dalam sambutannya menyampaikan bahwa ada 414 Personel Polres Simalungun yang ditugaskan menjadi Polisi RW, “Para peserta Apel yang berbahagia, Saya selaku Kapolres Simalungun menyampaikan bahwa Polisi RW/Dusun hadir untuk melindungi masyarakat ditengah-tengah lingkungan tempat tinggal mereka nantinya.

 

Sebanyak 414 Personel Polres Simalungun ditunjuk sebagai pengemban Polisi RW/Dusun yang bertugas di dusun demi menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat, Polisi RW/Dusun akan berkoordinasi dengan kepala dusun, dan Bhabinkamtibmas dan mewajibkan Polisi RW/Dusun untuk turun langsung kelapangan, “ujar AKBP Ronald.

 

Lebih lanjut Kapolres Simalungun menjelaskan tugas Polisi RW/Dusun, “Polisi RW bertugas untuk bermitra dengan masyarakat dalam mendeteksi dan mengindentifikasi permasalahan keamanan dan ketertiban masyarakat di dusun serta menemukan pemecahan masalahnya, Bersama dengam masyarakat mengatasi masalah sosial dengan tindakan preventif dan preemtif sehingga tidak menjadi masalah hukum atau mengganggu kamtibmas.

 

Polisi RW juga berfungsi untuk mendukung tuga kepolisian lainnya dalam meningkatkan efektivitas penerapan Polisi masyarakat disetiap wilayah, dengan terbentuknya Polisi RW/Dusun dapat mendekatkan Polri dengan masyarakat. Hadirnya Polisi di dusun dapat memecahkan berbagai permasalahan yang ada ditengah-tengah masyarakat apapun itu, baik permasalahan dugaan kriminalitas, kemudian gangguan kamtibmas lainnya, atau masalah antar tetangga yang sering terjadi yang mungkin bisa diselesaikan dengan musyawarah, diharapkan terbentuknya Polisi RW dapat membawa manfaat bagi seluruh masyarakat Kabupaten Simalungun, “ujar AKBP Ronald.

 

Kepada masyarakat penerima piagam penghargaan Kapolres mengucapkan trimaksih, “Ada adik-adik binaan personel Polres Simalungun yang berprestasi dalam bidang olah raga beladiri, kami memberikan penghargaan semoga hal ini menjadi pemicu untuk adik-adik remaja menjadi motivasi dalam melakukan hal-hal yang positif, seperti berolah raga dan belajar untuk menggapai cita-cita sebagai penerus bangsa, menuju Indonesia Emas, “himbau AKBP Ronald.

 

Acara yang diikuti berbagai stakeholder dan para tokoh penting dari seluruh Kabupaten Simalungun ini dipimpin oleh Kapolres Simalungun AKBP Ronald F.C Sipayung, S.H., S.I.K., M.H., Kegiatan ini pun menjadi kesempatan bagi seluruh elemen masyarakat dan aparat penegak hukum untuk bersatu dan berkomitmen mendukung situasi keamanan dan ketertiban masyarakat yang kondusif menjelang Pemilihan Umum di wilayah tersebut.

 

Hadir dalam acara ini, antara lain Wakapolres Simalungun Kompol Efianto, SH, MH., perwakilan Bupati Simalungun Asisten 1 Kab.Simalungun Albert Saragih, Ketua PAMK (Pemuka Agama Mitra Kamtibmas) Polres Simalungun, dan Camat Se-Kabupaten Simalungun. Selain itu, para Kapolsek, Kasat Lantas, Kasat Samapta, Kasat Narkoba, Kasat Binmas, Kasi Propam, Kasikeu, dan Kasium Polres Simalungun pun turut serta memeriahkan acara ini, beserta berbagai personel Polres Simalungun dan masyarakat umum.(Joe)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *