Danrem 064/My Pimpin Apel Gelar Pasukan Pam KTT ASEAN ke- 43 Tahun 2023

 

AN, Serang-Dalam rangka Kesiapan Pengamanan KTT ASEAN Ke-43 tahun 2023 di Jakarta, Jajaran Korem 064/My melaksanakan apel gelar pasukan bertempat di Lapangan Upacara Fatahilah Kodim 0602/Serang. Jl. Serang Raya pandeglang Km. 4.5. Tembong Kec. Cipocok Jaya Kota Serang. Sabtu (02/09/2023)

 

Apel Gelar Pasukan yang dipimpin langsung oleh Danrem 064/Maulana Yusuf Brigjen TNI Tatang Subarna tersebut bertujuan untuk mengecek dan memastikan kesiapan seluruh personel dan perlengkapan yang akan digunakan dalam kegiatan KTT ASEAN ke 43.

 

Dalam amanatnya Brigjen TNI Tatang Subarna menyampaikan , KTT KE-43 ASEAN tidak hanya dihadiri oleh pemimpin organisasi dari negara asean, tetapi juga turut dihadiri negara- negara mitra, yakni Cina, India, Korea Selatan, Jepang, Selandia Baru, Australia, Federasi Rusia dan Amerika Serikat, Bahkan rencananya pemimpin Pacific Island Forum, Perdana Menteri Kanada dan Direktur Eksekutif Dana Moneter Internasional (IMF) dan Bank Dunia (WORLD BANK) juga turut hadir dalam pertemuan KTT Ke-43 ASEAN di Jakarta.

 

“Danrem 064/MY sebagai Dansub Satgas memiliki tanggung jawab pengamanan di wilayah barat Provinsi Banten untuk melaksanakan tugas operasi pengamanan, jika terjadi ancaman/gangguan terhadap tamu VVIP yang akan berdampak pada Instabilitas roda pemerintahan secara Regional dan Nasional.

 

Kondisi Politik, Ideologi, Keamanan dalam negeri dapat menimbulkan suatu permasalahan, ancaman terhadap Presiden, Wakil Presiden beserta keluarga, tamu negara setingkat kepala negara atau kepala pemerintahan, tidak hanya berupa ancaman kriminal biasa, tapi ancaman tersebut lebih bersifat perongrongan terhadap keselamatan dan kehormatan bangsa.

 

Sebagai prajurit tentu kita harus mengamankan kegiatan tersebut sebagai tanda kehormatan dan kepercayaan akan kedatangan tamu dari luar negeri. Berkaitan dengan hal tersebut, sesuai dengan amanah UU No. 34 Tahun 2004 tentang TNI, Pasal 7 ayat 2 tentang pengamanan setingkat kepala negara atau kepala pemerintahan, pengamanan dilaksanakan bersinergi dengan Kepolisian Polda Banten dan Instansi terkait lainnya.

 

Pengamanan harus profesional dan proporsional dalam upaya antisipasi terhadap gejolak yang timbul, tingkatkan kewaspadaan, kesiapsiagaan serta meningkatkan kemampuan perorangan, menajamkan kegiatan Intelijen Binter serta upayakan tindakan cegah dini terhadap hal hal yang terjadi, lapor cepat setiap perkembangan situasi bermaksud mengganggu pelaksanaan kegiatan KTT

 

Danrem 064/My juga menegaskan kepada seluruh peserta Apel Gelar bahwa sebagai prajurit yang profesional agar menunjukkan individu yang terlatih dan memahami serta menguasai tugas dan tanggung jawab masing-masing dengan baik. Ikuti setiap perkembangan dan harus selalu siap dengan segala dinamika yang terjadi.

 

Danrrem 064/My juga berharap agar dalam melaksanakan tugas mengedepankan sikap humanis, tapi tetap waspada serta lakukan tindakan tegas dan terukur bila terjadi hal-hal yang berpotensi mengganggu kelancaran jalannya KTT.

 

“Laksanakan tugas sesuai SOP, patuhi jalur Komando yang ada sesuai hirarki dan laporkan setiap perkembangannya serta hindari bersikap arogan karena hal tersebut hanya akan menyakiti hati rakyat. Saya yakin dan percaya kalian akan dapat melaksanakan tugas ini dengan baik,” tegas Brigjen TNI Tatang Subarna.(Rel)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *