Gempa Magnitudo 3,9 di Karo, Tidak Ada Gempa Susulan

AN, Karo Sumatera Utara – Gempa berkekuatan magnitudo 3,9 mengguncang Kabupaten Karo malam ini. Gempa tersebut terjadi pada pukul 21.40 WIB.

“Hari Minggu, 10 September 2023 pukul 21:40:05 WIB, Kabupaten Karo diguncang gempabumi tektonik. Hasil analisa BMKG menujukkan bahwa gempabumi ini berkekuatan M=3,9,” ungkap Kepala BBMKG Wilayah I Medan Hendro Nugroho, Minggu (10/9/2023).

Episenter terletak pada koordinat 2.94 LU dan 98.53 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 18 km Tenggara KAB-KARO-Sumatera Utara pada kedalaman 10 km.

Hendro menyebutkan bahwa gempa di Karo ini terjadi lantaran adanya aktivitas sesar lokal. Diketahui, terjadinya sesar lokal lantaran adanya pergerakan lempeng di daratan.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi disebabkan oleh aktivitas sesar lokal di Kabupaten Karo,” ujarnya.

Hendro menyebutkan bahwa dampak gempabumi berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan di Kabanjahe III MMI.

“Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu, Sidikalang II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda – benda ringan yang digantung bergoyang),” jelasnya.

Hingga pukul 22.00 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan bahwa tidak ada kejadian gempabumi susulan (aftershock)

“Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenaranya,” ucapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *