H. Zonny Waldi dan AKBP Yogen Heroes Hadiri HAUL Ke-14 TGB Syekh H Abdurrahman Rajaguguk

AN, Simalungun – Bupati Simalungun diwakili Wakil Bupati H Zonny Waldi menghadiri HAUL Ke-14 Tuan Guru Batak (TGB) Al-‘Arif Billah Syekh H Abdurrahman Rajaguguk Al Khalidy Naqsyabandiyah QS, di Pondok persulukan Serambi Babussalam Nagori Jawa Tongah Kecamatan Hatonduhan, Simalungun, Sumut, Sabtu (26/8/2023).

 

HAUL tersebut di rangkai dengan Silahturahmi Kebangsaan, mengusung tema “Peran Ulama dan Tokoh Agama dalam membangun harmoni, keakraban sosial dan mencegah politik polarisasi”.

 

Kehadiran Wakil Bupati di acara tersebut disambut langsung oleh Pimpinan Pondok Persulukan Serambi Babussalam TGB Syekh Dr H Ahmad Sabban elRahmaniy Rajaguguk didampingi para khalifah.

 

Wakil Bupati Dalam sambutannya menyampaikan atas nama Pemkab Simalungun sangat berbesar hati, penuh suka cita bisa hadir di acara ini, untuk mengenang kembali perjuangan Tuan Syekh Abdurrahman Rajaguguk. “Dengan segala suka citanya, liku-likunya, tetapi beliau bisa mengembangkan pondok persulukan ini,”kata Wakil Bupati.

 

“Kita berharap kepada yang hadir dan yang tidak bisa hadir, semoga kita bisa melanjutkan cita-cita beliau yang mulia ini. Dan kita berharap karomah beliau bisa memberikan energi positif bagi kita untuk mewujudkan pengabdian kita sesuai dengan bidang tugas kita masing-masing,”kata Wakil Bupati.

 

Disampaikan Wakil Bupati, Pondok ini mempunyai ciri khasnya, merajut harmoni bangsa. “Tidak ada ajaran disini itu yang aneh aneh, terus tegak lurus ‘hablum minallah’ dan sekaligus ‘hablum minannas’-nya disini nampak sekali, semoga cita-cita beliau berlanjut di Pondok persulukan ini,”ujar Wakil Bupati.

 

Selanjutnya Wakil Bupati mengatakan bahwa, saat ini kita berada di tahun politik, untuk itu mari tetap menjaga kondusifitas daerah Simalungun. “Baju dan partai boleh beda tapi persatuan dan kesatuan harus tetap kita pelihara dengan baik untuk mewujudkan Simalungun yang sejahtera, Sumut bermartabat, Indonesia Maju ,”kata Wakil Bupati.

 

Sementara itu, TGB Syekh H Ahmad Sabban elRahmaniy Rajaguguk dalam sambutannya antara lain menyampaikan kisah perjalanan kehidupan orang tuanya Al-‘Arif Billah Syekh H Abdurrahman Rajaguguk Al Khalidy Naqsyabandiyah QS dalam melaksanakan ajaran agama, menjalin hubungan kemanusiaan, beragama dan berbangsa.

 

“Warisan ke ulama-anĀ  beliau ada dua, pertama mencerdaskan spiritual, mengajarkan orang dekat ke Tuhan, mengajarkan moralitas dan memperbaiki akhlak. Yang kedua adalah menjaga sisi kemanusiaan, menjaga ukhuwah wathoniyah kebangsaan,”kata TGB.

 

“Secara tidak langsung tugas ulama itu dua, mencerdaskan spiritual dan merekatkan anak bangsa,”sambung TGB sembari menyapa para tamu dan undangan yang hadir.

 

Sebelumnya, Wakil Bupati melaksanakan shalat Zhuhur berjamaah bersama TGB dan para tamu serta undangan lainnya di Masjid Syekh Abdurrahman Rajaguguk.

 

Dalam HAUL tersebut juga dilaksankan tepung tawar kepada enam khalifah yang akan berangkat melakukan ibadah umroh di tanah suci Makkah, serta pemberian santunan kepada 100 orang kaum duafah dan anak yatim.

 

Tampak hadir antara lain Walikota Siantar diwakili Rizal Ginting, Kapolres Simalungun AKBP Ronald FC Sipayung, Kapolres Siantar AKBP Yogen Heroes Baruno, H Khairuddin Syah Sitorus (Bupati Labura 2010-2015 dan 2016-2021), Anggota DPRD Sumut Gusmiyadi dan Iskandar Sinaga, Danrem 022/PT diwakili Mayor Inf. Fahrul Muhadi (Pasiter), Dandim 0207/Sml diwakili Kapten Inf M Sinaga (Danramil 10/TJ), Anggota DPRD Simalungun Bona Uli Rajagugu dan Juarsa Siagian, Danyon 122/TS diwakili Letda Inf YM Ritonga, sejumlah pejabat tinggi pratama dan administrator di lingkungan Pemkab Simalungun serta undangan lainnya.(Red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *