H. Zonny Waldi Lantik Pengurus Mabisaka Kwarcab GP Simalungun 2023-2026

AN, Simalungun –Wakil Bupati Simalungun H Zonny Waldi selaku Ketua Kwartir Cabang (Ka. Kwarcab) Gerakan Pramuka (GP) Simalungun melantik pengurus Majelis Pembimbing Satuan Karya (Mabisaka) Kalpataru Kwarcab GP Simalungun Masa Bakti 2023-2026.

 

Pelantikan tersebut berlangsung di Pusat Pendidikan dan Latihan Cabang (Pusdiklatcab) GP Simalungun, Jln Asahan Km. 7 Kecamatan Siantar, Kabupaten Simalungun, Sumut, Kamis (14/9/2023).

 

Sesuai dengan SK Kwarcab GP Simalungun Nomor: 10 Tahun 2023 sebagai Ketua Mabisaka Kalpataru Kwarcab GP Simalungun  Masa Bakti 2023-2026 yaitu Kadis Lingkungan Hidup Simalungun: Daniel Halomoan Silalahi, Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup: Agustinus Saragih dan dibantu 16 Anggota.

 

Dalam Pelantikan Pengurus Mabisaka itu juga dilaksakan pelantikan Pengurus Satuan Karya (Saka) Kwarcab GP Simalungun Masa Bakti 2023-2026 oleh Ketua Mabisaka Kwarcab GP Simalungun Daniel Halomoan Silalahi.

 

Kepengurusan Saka Kwarcab GP Simalungun Masa Bakti 2023-2026 yang dilantik yakni Ketua: Akhdan Syafrialdi Siregar, Sekretaris: Sudianto dan Bendahara: Anita Marpaung. Kepengurusan Saka Kalpataru ini dilengkapi bidang-bidang seperti Krida 3-R, Krida Perubahan Iklim, Krida Perubahan Keanekaragaman, Kegiatan dan Latihan.

 

Pelantikan pengurus Mabisaka dan Saka Kalpataru Kwarcab GP Simalungun ditanda dengan pengucapan ikrar oleh masing-masing pengurus dan penandatangan berita acara pelantikan.

 

Ketua Kwarcab GP Simalungun H Zonny Waldi dalam sambutannya menyampaikan selamat kepada pengurus yang dilantik sembari berharap semoga pelantikan ini membawa marwah bagi GP Simalungun dan bisa membantu Pemkab Simalungun dalam menjaga lingkungan.

 

“Jadikan ini sebagai atensi kita bersama. Kami berharap ada terobosan-terobosan dalam mengatasi masalah lingkungan ini, terutama masalah sampah. Jadilah contoh dalam pengelolaan sampah yang baik,”kata Zonny.

 

“Tingkatkan kepedulian dan jadikan pelopor dalam menjaga lingkungan. Mari kita saling mendukung, dan pengang teguh semboyan Habonaron Do Bona,”pungkas Zonny.

 

Dari acara pelantikan tersebut terinformasi bahwa Kwarcab Gerakan Pramuka Simalungun akan mengikuti Kegiatan Pertikawan (Perkemahan Bakti Satuan Karya Pramuka Kalpataru dan Wanabakti) Gerakan Pramuka di Kabupaten Merangin Prov. Jambi pada tanggal 17 – 22 September 2023.

 

Kepada para anggota GP Simalungun yang akan mengikuti kegiatan Pertikawan tersebut, Ka. Kwarcab GP Simalungun berpesan agar menjaga nama baik Simalungun dan menjaga kesehatan. “Gali pengalaman di daerah lain untuk menambah wawasan dan pengalaman,”ujarnya.

 

Sebelumnya Ka. Mabisaka dalam sambutannya menyampaikan beberapa hal untuk menjadi perhatian bagi Saka antara lain program pencapaian Pramuka kesakaan khusunya Saka Kalpataru termasuk pembinaannya perlu diwujudkan bersama.

 

“Libatkan semua elemen Gerakan Pramuka untuk mewujudkan Satuan Karya Kalpataru ini menjadi lebih baik. Wujudkan sistem informasi pengelolaan anggota dan kelembagaan yang terintegrasi di tingkat Kwartir sampai Gugus Depan,”kata Daniel.

 

Bagi anggota GP Simalungun yang mengikuti kegiatan Pertikawan, Daniel berharap dapat mengikuti semua rangkaian kegiatan,  menjaga kesehatan dan menjaga nama baik Simalungun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *