Polres Simalungun Gelar Patroli Skala Besar Antisipasi Gangguan Kamtibmas Jelang Pemilu 2024

AN, Sumatera Utara-Untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat di Kabupaten Simalungun, Kepolisian Resor (Polres) Simalungun mengadakan Kegiatan Kepolisian Yang Ditingkatkan (KRYD) Minggu malam, 5 November 2023, mulai pukul 20.00 WIB. Patroli skala besar di lokasi-lokasi yang dianggap rawan gangguan Kamtibmas ini dilaksanakan sebagai upaya antisipasi kegiatan masyarakat menjelang pemilu 2024 dan juga mencegah tindak 3C dan balap liar.

Kapolres Simalungun, AKBP Ronald F.C Sipayung, yang memimpin apel malam, mengarahkan personil untuk melaksanakan patroli dengan humanis dan bertujuan menciptakan situasi yang aman dan kondusif. Pada pukul 21.30 WIB, personil bergerak dari kantor Satlantas Polres Simalungun menuju lokasi rawan gangguan Kamtibmas seperti tempat-tempat keramaian dan hiburan malam, dan melakukan pemeriksaan identitas serta penggunaan narkoba.

Kapolres Simalungun AKBP Ronald F.C Sipayung, S.H., S.I.K., M.H., menyampaikan, “Polres Simalungun dengan kekuatan 55(lima puluh lima) orang untuk melaksanakan kegiatan razia dan akan dilanjutkan dengan Patroli Skala Besar, kegiatan razia ini kita lakukan di Km,7 yang merupakan daerah pintu keluar dari Kota Pematangsiantar menuju perbatasan Kabupaten Simalungun kabupaten tetangga, “ucap AKBP Ronald.

“Sasaran yang kita lakukan adalah kendaraan-kendaraan yang membawa penumpang, termasuk dengan kendaraan-kendaraan yang membawa barang, dilakukan pemeriksaa untuk memastikan bahwa tidak ada penumpang dan kendaraan-kendaraan tersebut yang membawa barang yang terlarang, sasarannya adalah tentu satu adalah Narkoba, kemudian senjata tajam, dan barang-barang lain yang memang tidak diperbolehkan untuk dibawa tanpa ijin yang sesuai dengan ketentuan, “ujar AKBP Ronald.

Kapolres berharap kegiatan ini tidak ada kejadian yang menonjol, “Harapan kita bahwa kegiatan malam hari ini tidak ada kejadian-kejadian yang menonjol yang terjadi di Wilayah Kabupaten Simalungun, dan setelah kegiatan razia ini kita akan melanjutkan patroli skala besar dengan melibatkan 6 Unit Mobil Patroli, yang kita bagi menjadi dua kelompok, dengan tujuan atau sasaran adalah tempat-tempat yang banyak dikunjungi oleh masyarakat, tempat yang diduga adanya balap liar, dan temlat yang banyak aktifitas masyarakat untuk menekan dan mencegah tidak adanya kejahatan dapat terjadi sehingga tidak ada korban.

Kegiatan ini juga merupakan bagian dari keseiapan kita untuk menyongsong pemilu 2024 supaya masyarakat tenang, masyarakat tau bahwa Polisi hadir untuk memberikan rasa aman, tentram dan kondusif di wilayah kabupaten simalungun, “jelas AKBP Ronald.

Kapolres menghimbau, “Polres Simalungun telah menyiapkan Asta Siap, salah satu asta siap adalah kondisi kamtibmas yang kondusif, dan kodisi masyarakat yang siap untuk mendukung kamtibmas yang kondusif, maka dari itu kami mengajak kepada kita semua, masyarakat kabupaten simalungun untuk bersama-sama mendukung terciptanya situasi yang aman dan kondusif di wilayah simalungun.

Jangan melakukan hal-hal yang dapat menimbulkan potensi gangguan seperti menyebarkan fitnah, menyebarkan hoax, dan menggunakan media sosial yang bijak sehingga tercipta ruang cyber yang aman dan kondusif untuk memasuki tahapan pemilu, “pungkas AKBP Ronald.

Rute patroli meliputi razia narkoba pada kendaraan yang masuk dan keluar wilayah hukum Simalungun dengan memeriksa barang bawaan dari 35 kendaraan bermotor. Selanjutnya, personil Polres Simalungun melaksanakan patroli di Jalan Asahan Batu 8 untuk kenyamanan masyarakat malam hari, serta razia narkoba di warung/lapo tuak dan kafe di sepanjang Jalan Asahan Km 8, Kecamatan Gunung Malela, Kabupaten Simalungun.

Kegiatan direncanakan akan berakhir pada pukul 02.00 WIB, guna menjaga situasi yang aman dan kondusif, lalu dilanjutkan dengan apel konsolidasi. Personil Polres Simalungun selanjutnya melanjutkan giat patroli rutin untuk antisipasi kerawanan Kamtibmas. Selama patroli, mereka juga memberikan himbauan kepada masyarakat untuk tetap menjaga keamanan dan ketertiban, serta mengingatkan pedagang agar tidak beroperasional hingga larut malam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *