RHS Geram, Kepala Puskesmas Tak Dikantor Saat Jam Kerja

AN, Simalungun –Bupati Kabupaten Simalungun, Radiapoh Hasiholan Sinaga(RHS) inspeksi mendadak ke Puskesmas Sipintu Angin, Kecamatan Dolok Pardamean.

Bukanya disambut Kepala Puskesmas kehadiran RHS malah diterima oleh para pegawai tanpa Kepala Puskesmas (Kapus).

Hal ini membuat Bupati geram dan mempertanyakan keberadaan Kapus sembari meminta absensi kepada salah seorang pegawai.

“Kemana Kapus? Kenapa tidak hadir? Ada berapa pegawai di puskesmas ini?,” tanya Bupati kepada pegawai di Puskesmas.

Mendengar pertanyaan itu, seorang pegawai mengatakan kalau pegawai yang masuk pada hari Jumat 1 September 2023 sebanyak 8 orang.

“Terkait Kapus tidak hadir saya tidak mengetahui akan tetapi semalam Kapus hadir,”Kata pegawai itu,

Namun Radiapoh langsung memerintahkan agar mereka menelpon Kepala Puskesmas atas permintaan Bupati.

Namun, dari hasil telepon, Kapus tak kunjung mengangkat telepon. Melihat kondisi ini Bupati langsung geram dan meminta pada pegawai tersebut agar menyampaikan kepada Kapus supaya menghadap ke Kepala Dinas Kesehatan, Edwin Simanjuntak.

Selanjutnyan, Bupati Simalungun meminta kepada pegawai agar lebih meningkatkan pelayanan dan kebersihan serta keindahan lingkungan Puskesmas, sembari berkeliling memeriksa setiap ruangan.

“Ini lantai di bersihkan jangan sampai kuning seperti ini. Sampah – sampah dan tempat sampah agar di bersihkan, dan jangan di letak asal – asalan. Tolonglah lebih di perhatikan lagi kebersihan nya. Ini Puskesmas Lo, tempat masyarakat kita berobat masa seperti ini. Emang menurut kalian seperti ini sudah indah,”Kata Radiapoh dimana setelah itu dirinya berkeliling di lingkungan Puskesmas.

Terpisah, Kadis Kesehatan Edwin Tony SM Simanjuntak yang mengetahui kepala Puskesmas Sipintu Angin tidak ada saat Bupati Simalungun melakukan sidak langsung menindaklanjuti dengan melayangkan surat pemanggilan kepada Kapus Sipintu Angin dr Togi Jerry Loan Aruan.

“Langsung kita tindaklanjuti dan hari ini sudah kita layangkan surat pemanggilan kepada Kapus. Dan hari Senin depan (4/9/2023) akan kita lakukan pemanggilan agar hadir di Kantor sekaligus pemeriksaan,”pungkas Edwin.

Terpisah, Warga Sipintu Angin juga mengeluhkan pelayanan di Puskesmas yang dinilai hanya bangunan yang mewah

“Kurangnya pelayanan disana bang. Tapi gimanalahkan, Keluarganya semua,” Kata Warga Sipintu Angin yang tidak mau disebut namanya.

Ketua DPRD Simalungun, Timbul Jaya Sibarani juga hadir saat pelaksanaan Inspeksi oleh Bupati Simalungun di Puskesmas Sipintu Angin.(red)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *