Sosok Jenderal TNI Agus Subiyanto yang Dilantik Presiden Jokowi Sebagai KSAD

AN, Jakarta-Presiden Joko Widodo telah melantik Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) mengganti Jenderal TNI Dudung Abdurahman yang memasuki usia pensiun. Nama Jenderal TNI Agus Subiyanto pun melambung untuk menempati posisi orang nomor satu di matra Angkatan Darat tersebut.

Naiknya nama yang sebelumnya berpangkat Letjen Agus Subiyanto menjadi KSAD sebenarnya bukan kabar baru. Kedekatannya dengan Presiden Jokowi saat bertugas menjadi Dandim di Surakarta telah membuat hubungan personal keduanya cukup dekat.

Selain Jenderal Agus, satu lagi perwira tinggi bintang tiga yakni Letjen Maruli Simanjuntak sempat juga digadang-gadang bakal menjadi KSAD. Namun, belakangan nama Maruli tak muncul lagi. Ia masih diplot sebagai Pangkostrad

Komisi I DPR RI telah mendengar kabar Jenderal Agus akan dilantik Presiden Jokowi di Istana Negara pagi ini menjadi KSAD. Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Komisi I DPR Meutya Hafid saat dimintai keterangan, Selasa (24/10/2023).

Dirinya juga pernah menjadi komandan pasukan perisai hidup Presiden Jokowi. Ia menjadi Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Danpaspampres) pada periode 2020-2021.

Sejak 31 Januari 2022 lalu, perwira tinggi TNI AD ini mengemban amanat sebagai Wakil Kepala Staf Angkatan Darat.

Agus merupakan jebolan Akademi Militer (Akmil) 1991 dari kecabangan infanteri Komando Pasukan Khusus (Kopassus).

Pria kelahiran 5 Agustus 1967 ini mengawali karier militernya dengan menjabat sebagai Kasi Ops Sektor A di Timor Timur.

Setelah itu, ia kembali ke satuannya menjadi Komandan Batalion 22 Grup 2 Kopassus dan Kepala Penerangan Kopassus.

Karier Agus pun perlahan mulai menanjak dengan dipercaya menjabat Komandan Kodim 0735/Surakarta pada 2009-2011. Jabatan tersebut diemban Agus di era Wali Kota Solo dijabat Joko Widodo yang kini menjadi presiden. (red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *