Wakil Bupati Simalungun Hadiri Bulan Inklusi Keuangan

AN, Simalungun-Bupati Simalungun diwakili Wakil Bupati Simalungun H Zonny Waldi menghadiri kegiatan Bulan Inklusi Keuangan yang berlangsung di halaman Kantor Bupati Simalungun, Pamatang Raya, Sumut, Rabu (25/10/2023).

Kegiatan yang mengusung tema “Akses Keuangan Merata Masyarakat Sejahtera” tersebut dirangkai dengan peringatan Hari Indonesia Menanbung dan launching aplikasi Q-RIS.

Bupati Simalungun dalam sambutan tertulisnya yang di bacakan oleh Wakil Bupati menyampaikan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Simalungun khususnya Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) berkolaborasi dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional 5 Sumbagut, Bank Indonesia dan industri jasa Keuangan yang ada di Kabupaten Simalungun.

“Bulan inklusi keuangan ini diharapkan menjadi wadah bagi kita untuk berkolaborasi memperkenalkan Jasa layanan Keuangan kepada masyarakat,”kata Wakil Bupati.

Terkait dengan peringatan Hari Indonesia Menabung, Wakil Bupati menyampaikan, momen ini diharapkan dapat mendorong generasi muda terutama para pelajar untuk gemar dan sadar akan penting nya menabung Sejak dini.

Selanjutnya dalam mewujudkan ekosistem keuangan inklusi, Wakil Bupati menyampaikan, Pemkab Simalungun telah berkolaborasi dengan Bank Mestika Dharma dalam mengembangkan Desa Wisata Karang Anyar, yang harapannya bisa menjadi Desa Wisata Inklusi di Kabupaten Simalungun.

“Lewat Kegiatan bulan inklusi keuangan ini juga, kita akan mensosialisasikan akses keuangan digital, bazar, UMKM dan launching aplikasi e-retribusi dan Q-RIS retribusi,”kayta Wakil Bupati.

Menurut Wakil Bupati, hal itu untuk meningkatkan pelayanan secara digital serta percepatan perluasan digitalisasi daerah.

Wakil Bupati berharap melalui kegiatan tersebut, adanya peningkatan literasi dan inklusi keuangan Masyarakat, khususnya pelaku UMKM dapat memahami bagaimana mengakses layanan dari lembaga jasa keuangan khususnya perbankan dengan mudah.

Dalam kesempatan itu, Wakil Bupati Simalungun menyampaikan bantuan secara simbolis buku tabungan kepada sejumlah siswa dan memberikan bantuan kepada siswa berprestasi serta pemyampaikan bantuan modal usaha KUR (Kredit Usaha Rakyat).

Sebelumnya dilaksanakan senam pagi bersama yang diikuti Sekda Esron Sinaga bersama para pejabat tinggi pratama, administrator, dan pengawas serta ASN dilingkungan Pemkab Simalungun.

Tampak juga hadir Kapolres diwakili Wakapolres Kompol Epiyanto, Dandim 0207/Sml diwakili Kapten BJ Tambunan, mengukuti senam pagi bersama antara lain Kepala Bank Indonesia diwakili Deputi Kepala Bagian Abdul Haris, OJK Regional Sumbagut V diwakili Kabag Edukasi dan Perlindungan Konsumen Reza Leonhard osenta Mayda, pengurus TP PKK dan Dharma Wanita Persatuan Simalungun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *